Tinjauan tren mata uang akhir tahun 2020

Tinjauan tren mata uang akhir tahun 2020

Diperbarui • 2020-12-21

EUR/USD: akhir dari sebuah dekade

Tahun 2020 dimulai dengan EUR/USD yang menyentuh 1,08 sebagai kelanjutan dari tren yang terus menurun sepanjang 2019. Setelah guncangan sengit yang mudah dilihat sebagai fluktuasi besar di bulan Februari-Maret, pasangan tersebut berbalik dan mulai aktif bergerak naik. Akhirnya, EUR terapresiasi terhadap USD setinggi 1,20 pada bulan Desember, bahkan mendekati 1,22. Dengan peningkatan setinggi ini, EUR/USD memulihkan semua kerugian di tahun 2019 dan mencapai puncak yang serupa dengan pada Januari-April 2018.

1.png

Pada grafik bulanan, menembus 1,22 akan menantang tren turun EUR/USD yang telah terjadi selama satu dekade terakhir. Namun, secara teknis, mengalahkan 1,24 akan mengkonfirmasi kemungkinan pembalikan strategis – itulah yang mungkin terjadi pada 2021 jika bull terus menekan EUR terhadap USD. Pada dasarnya, perlu ada kelemahan pada USD yang terus-menerus untuk memungkinkan hal tersebut. Apakah ada faktor kelemahan USD? Ada. The Fed AS menjaga suku bunga rendah dan mempertahankan garis pelonggaran kuantitatif untuk menjaga perekonomian AS agar tetap berjalan, kehadiran perekonomian global Amerika yang secara bertahap memberi ruang bagi kekuatan global alternatif, serta gerakan tektonik lainnya. Akankah mereka cukup untuk mendorong EUR/USD ke 1,24? Sangat mungkin.

2.png

EUR/GBP: ke arah sisi atas yang simetris

Pasangan mata uang ini telah menghabiskan sebagian besar tahun 2020 dengan berosilasi di antara 0,89 dan 0,91. Ada beberapa lonjakan hingga 0,93 tetapi hal tersebut merupakan pengecualian & ndash; dan setiap lonjakan tersebut diikuti oleh koreksi hingga ke 0.89.

3.png

Pada grafik bulanan, angka mencapai ketinggian 0,90 yang secara kasar menyelesaikan pemulihan simetris EUR/GBP selama lima tahun hingga turun ke 0,70 seperti yang terjadi selama tahun 2010-2015. Jika penilaian itu benar, mencapai 0,93 ke atas sangat mungkin untuk pasangan ini di tahun mendatang. Pada dasarnya, ada alasan untuk dapat terjadinya hal tersebut: poundsterling Inggris tidak memiliki lebih banyak faktor di sisinya dibandingkan yang ada pada euro. Kuartal pertama 2021 akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang hal itu.

4 (2).png

USD/JPY: menguji support

Setelah gelombang kejut pada Januari-Februari 2020, USD/JPY bergerak ke bawah yang membentang dari 110,00 menjadi 103,00. Terlihat bahwa ada sedikit bukti teknis yang menunjukkan bahwa tren ini akan menunjukkan banyak perubahan di masa depan.

5.png

Dari sudut pandang strategis, penurunan dari 110,00 ke 100,00 merupakan penurunan kelanjutan dari nilai 120,00 yang terjadi mulai pada tahun 2015. Sementara itu, nilai di sekitar 100,00 telah memberikan dukungan terhadap pergerakkan pasangan mata uang tersebut sejak sebelum tahun 2015 dan selanjutnya. Saat ini, USD/JPY berada tepat di nilai support tersebut jadi waspadalah: secara teknis, kenaikan sangat mungkin terjadi di tahun mendatang.

6.png

                                                                                                  MASUK

Menyerupai

Indeks Nasdaq Akan Terangkat Saham NVIDIA
Indeks Nasdaq Akan Terangkat Saham NVIDIA

Pasar saham Asia bergerak bervariasi pada perdagangan Kamis (22/02/2024), mengikuti sinyal positif dari Nvidia, saham favorit AI, Risalah pertemuan Federal Reserve (FOMC minutes) pada bulan Januari menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan khawatir terhadap risiko

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera