USDJPY Tertahan Dekat Level Terendah Mingguan Menjelang Data NFP

USDJPY Tertahan Dekat Level Terendah Mingguan Menjelang Data NFP

Diperbarui • 2023-09-01

Dolar AS mencoba membentuk kenaikan solid pada perdagangan Jumat (01/09/2023) setelah membalikkan penurunan intraday kemarin, yang menjadi faktor pergerakan pasangan USDJPY. Namun, kenaikan dolar AS terlihat tertahan di tengah ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) ke depannya.

Data makro AS yang dirilis awal pekan ini memicu spekulasi bahwa Fed mungkin terpaksa melemahkan sikap hawkish-nya saat ini. Namun, Indeks Harga PCE AS hari Kamis justru membuat peluang untuk satu lagi kenaikan suku bunga sebesar 25 bps hingga akhir tahun ini masih terbuka.

Prospek pelonggaran kebijakan lebih lanjut oleh Fed menopang pemulihan ringan yield obligasi AS dan mendorong kenaikan dolar AS. Namun, para investor tampak enggan untuk masuk posisi dan menunggu rilis laporan ketenagakerjaan bulanan AS yang sangat diawasi, Non-farm Payrolls (NFP), sebagai petunjuk arah pasar ke depannya.

Sementara itu, sikap yang lebih dovish Bank of Japan (BoJ), bersamaan dengan data makro Jepang yang mengecewakan dan sentimen positif seputar kontrak berjangka ekuitas AS, berpotensi melemahkan Yen Jepang dan membatasi penurunan pasangan USDJPY. BoJ adalah satu-satunya bank sentral di dunia yang mempertahankan suku bunga negatif dan diperkirakan akan tetap bertahan pada kebijakan tersebut.

Analisa Teknikal USDJPY

USDJPY 01092023.jpg

USDJPY memperbarui level terendah mingguan nya, meskipun berhasil pulih dan saat ini diperdagangkan relatif sideway, sedikit di bawah tengah 145.00. Pasangan safe haven ini terus melanjutkan tren Bearish pekan ini setelah gagal menembus ke atas indikator Simple Moving Average (SMA) 200 yang terlihat pada timeframe H2, meski harga tidak jauh di bawah level tersebut. Tren penurunan ini juga terlihat pada indikator Relative Strength Index (RSI) yang masih tertahan di bawah level tengah 50.

Penurunan lebih lanjut USDJPY membuka potensi SELL pada level 145,35 yang berpotensi turun menuju level 145,15/145,05. Sementara jika USDJPY cukup kuat untuk rebound akan membuka potensi BUY pada level 145,73 yang  berpotensi naik menuju level 145,93/146,03.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera