XAUUSD Masih Tertahan Di Dekat Level Terendah Dua Pekan

XAUUSD Masih Tertahan Di Dekat Level Terendah Dua Pekan

Diperbarui • 2023-12-11

XAUUSD masih berada di bawah tekanan jual untuk hari kedua berturut-turut pada hari Senin (11/12/2023), karena spekulasi dan keyakinan para pelaku pasar untuk penurunan suku bunga Fed pada bulan Maret sedikit teredam oleh data Non-farm payrolls AS yang naik melampaui ekspektasi. Data tenaga kerja utama yang positif ini mendukung kenaikan greenback dan imbal hasil obligasi AS sehingga membebani logam mulia. Risiko geopolitik yang terjadi di tengah menjadi harapan yang dapat membantu membatasi penurunan XAUUSD lebih lanjut menjelang rilis data/peristiwa penting minggu ini.

Setelah mengalami perubahan dramatis dari puncak tertinggi sepanjang masa yang disentuh minggu lalu dan turun ke level terendah dua minggu pada hari Jumat setelah rilis detail data ketenagakerjaan AS yang menunjukkan kenaikan dan melampaui perkiraan, XAUUSD tertahan di bawah level psikologis 2000. Laporan pekerjaan AS yang sangat dipantau oleh para pelaku pasar itu menunjukkan pasar tenaga kerja AS yang masih tangguh dan memaksa investor untuk memangkas ekspektasi mereka untuk penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) oleh Federal Reserve (Fed) pada Maret 2024. Hal ini mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS dan Dolar AS memulih dan membebani komoditas yang memaksa XAUUSD turun ke bawah level psikologis 2000.

Bersama dengan tanda-tanda stabilitas di pasar ekuitas, membuat safe haven logam terus tertekan selama dua hari berturut-turut hingga awal perdagangan pekan ini. Meskipun demikian, kekhawatiran mengenai penurunan ekonomi global, terutama Tiongkok, bersamaan dengan meningkatnya risiko geopolitik dari Timur-Tengah, menopang logam mulia dan menahan penurunan XAUUSD agar tidak turun lebih dalam. Para trader juga tampaknya enggan untuk memasang taruhan agresif menjelang data penting minggu ini dan pertemuan bank sentral global pekan ini, terutama rilis data inflasi konsumen AS yang akan dirilis pada hari Selasa, yang akan diikuti dengan hasil pertemuan kebijakan FOMC selama dua hari yang akan dirilis pada hari Rabu.

Sementara itu, fokus pasar akan tetap tertuju pada "dot plot", yang akan memberikan isyarat tentang proyeksi suku bunga the Fed untuk tahun depan dan dapat memberikan dorongan yang signifikan untuk emas yang tidak memberikan hasil. Swiss National Bank (SNB), Bank of England (BoE) dan Bank Sentral Eropa (ECB) yang juga akan merilis pengumuman pembaruan kebijakan pada hari Kamis. Perhatian kemudian akan beralih ke rilis laporan PMI kilat dari Zona Euro, Inggris, dan AS, yang akan memberikan petunjuk baru lainnya terhadap kondisi ekonomi global yang dapat mempengaruhi XAUUSD.

XAUUSD 11122023.jpg

Secara teknikal, pola candlestick Bearish Engulfing yang terbentuk di awal perdagangan hari Senin ini, gagalnya Simple Moving Average (SMA) 100 meneruskan upaya penembusan ke bawah SMA50, mengkonfirmasi kegagalan XAUUSD untuk melanjutkan pemulihan dari penurunan yang cukup signifikan pada akhir pekan kemarin. Penurunan ini diikuti oleh Relative Strength Index yang terus bergerak turun menuju level Oversold.

Penurunan lebih lanjut menembus ke bawah level 1990, akan membawa XAUSUD lanjutkan penurunan menuju level 1980 hingga ke level 1975. Dengan potensi BUY dapat dipertimbangkan pada level 1988 dengan target profit pada level 1983/1978. Sementara kemungkinan XAUUSD rebound dan menembus ke atas level psikologis 2000, membuka peluang BUY yang dapat dipertimbangkan pada level 2003, dengan target profit di sekitar level 2007/2011.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera