XAUUSD Menguat Diawal Tahun 2021

XAUUSD Menguat Diawal Tahun 2021

Diperbarui • 2021-01-04

Harga emas dunia kembali naik diatas 1900 diawal tahun 2021 ini, dan akan cenderung terlihat bullish.

Pandemic corona yang melanda dunia tidak mereda walaupun vaksin telah ditemukan dan telah didistribusikan. Menurut data WHO, lebih dari 83 juta orang terinfeksi dan lebih dari 1,8 juta orang diantaranya meninggal. Amerika Serikat merupakan negara penyumbang angka terbesar dengan lebih dari 36 juta kasus dan lebih dari 800.000 orang meninggal karena virus mematikan ini.

Ketakutan para pelaku pasar akan serangan virus corona ini meningkat setelah ditemukannya virus jenis baru yang telah masuk dan mulai meyebar di negara tersebut, dari awalnya ditemukan di Inggris. Penyebaran virus jenis baru ini terlihat lebih reaktif disaat musim dingin tiba dan adanya pergerakan warga Amerika Serikat saat menyambut liburan Natal dan Tahun baru.

Faktor geopolitik yang terjadi diakhir tahun 2020 ikut membuat para pelaku pasar memburu safe haven emas, dimana ketegangan antara Amerika Serikat – Iran kembali meningkat, setelah Iran mengumumkan akan meningkatkan pengayaan Uranium sampai kelevel 20%.

Ini tentunya akan membuat Amerika Serikat dan Uni Eropa kembali melakukan aksi atas pernyataan Iran yang mengancam akan mengaktifkan kembali fasilitas nuklirnya dan akan mengancam Israel dan negara teluk lainnya. Selain itu ketegangan geopolitik juga terlihat antara Amerika – China, dimana pemerintah Beijing akan mengambil tindakan atas keputusan Washington atas 3 perusahaan China yang dihapuskan dalam daftar bursa di New York. 

Efek Terhadap Pasar

Penularan yang massif dari virus jenis baru serta ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dengan Iran dan China akan membuat pair XAUUSD dapat menguat dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1898 - 1924

Trading Plan :

Buy Limit 1898 – 1908 dengan target 1924 - 1935

Stoploss 1888

Grafik XAUUSD timeframe D1

emas 4 jan 21.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera