Diperbarui • 2023-12-21

Gender Bukan Tabu

pic1.jpg

Apakah Anda kira bahwa pasar keuangan bukan ranah bagi para wanita? Berbicara soal industri keuangan, pantaskah wanita dianggap sebagai rival atau teladan? Haruskah mereka takut memasuki zona para "pria" atau apakah karena alasan gender sehingga mereka tidak bisa memasukinya? Apa pun itu alasannya, sebaiknya baca dulu artikel ini. FBS akan berbagi kisah tentang wanita yang sukses di dunia trading dan membuktikan bahwa gender bukanlah variabel yang sepenuhnya memengaruhi kesuksesan.

Deena Mehta

Broker saham perempuan pertama di India– hebat, bukan? Ini adalah gelar yang diperoleh Deena Mehta atas kerja kerasnya selama bertahun-tahun dalam menggagalkan kekuatan stereotip dan resistensi.

Lahir pada tahun 1961, Mehta memulai kariernya sebagai akuntan dan penasihat keuangan sesuai profesi. Tidak lama kemudian, dia mengikuti kata hatinya, menjalankan apa yang sebenarnya dia inginkan. Pada usia 25 tahun, dia bersama dengan suaminya mendirikan bisnis ekuitas — perusahaan pialang yang tumbuh besar setelahnya.

Peristiwa dapat terjadi secara cepat dan masif — baru berusia 40 tahun, Mehta menjadi Presiden Bursa Efek Bombay dengan jumlah suara terbanyak dibandingkan dengan yang pernah tercatat sebelumnya. Mengingat bahwa ini terjadi pada Hari Perempuan Internasional pada tahun 2001, lantas apakah ini menjadi peristiwa simbolik untuk semua wanita?

Secara keseluruhan, masa jabatannya di Bursa Efek Bombay berlangsung selama enam tahun. Setelah itu, dia menjabat sebagai anggota Cotton Association of India, Board of Central Depository Services (India) Limited, dan National Payment Corporation of India. Menimbang pengalamannya di bidang pialang mencapai lebih dari 30 tahun, dia dinilai sebagai orang yang tepat untuk memimpin bursa tertua di Asia. Mehta telah membawa banyak perubahan fundamen ke pasar ekuitas India, seperti pengaturan sistem BOLT di Bursa Efek Bombay dan Central Depository Service.

Dengan segudang penghargaan atas kontribusi hebatnya dalam industri keuangan, dia sekarang menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Asit C Mehta Investment Intermediates — saat ini menjadi salah satu perusahaan pialang paling terkenal di India. Exceptional Woman Achiever (2014) oleh Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry adalah bukti tentang kesuksesannya dan terutama di bidang keuangan. Tapi semua ini tidak membuatnya berhenti untuk meraih kesuksesan di bidang keuangan sampai di situ saja, sekarang pun dia tinggal di salah satu kawasan paling elit di Mumbai Selatan, sering traveling, dan menjadi teladan bagi para wanita di seluruh dunia.

pic2.jpg

Linda Raschke

Wanita ini berhasil mengukir sejarah — strategi strading yang digunakan oleh perempuan asal Amerika, Linda Raschke perlu diperkenalkan kepada siapa pun yang meminati Forex. Saat baru memasuki usia dua puluhan, Linda memulai kariernya sebagai anggota Bursa Saham Pacific Coast and Philadelphia. Setelah menimba pengalaman di berbagai pasar dalam waktu yang relatif singkat, dia mendirikan perusahaannya sendiri, yakni LBR; sepuluh tahun kemudian, perusahaan hedge fund miliknya berhasil menduduki peringkat 17 dari 4.500 di Barclay Hedge Fund Index atas kinerja yang sangat baik selama 5 tahun.

Keragaman gaya trading yang dikuasai oleh wanita ini sungguh hebat. Namun, keahliannya yang paling menonjol terletak pada trading jangka pendek di S&P 500 berjangka. Dia mampu menyelesaikannya dalam hitunggan sepuluh hingga lima belas menit! Di saat yang lain melakukan perhitungan yang kompleks, dia menutup satu transaksi setelah transaksi lainnya! Apa rahasianya? Teknik trading khusus ini dikembangkan dengan matang dan teruji. Turtle Soup, sistem trading "Anti", Momentum Pinball, dan strategi trading 80-20, Holy Grail... atau apa pun itu. Di antara semua strategi ampuh yang disarankan oleh Raschke, yang disebutkan inilah yang memiliki pengaruh paling signifikan di pasar.

Dia tidak hanya berhasil membuktikan bahwa teknik-teknik ini dapat bekerja secara efektif, tetapi juga membagikan ide dan tipsnya melalui kelas edukasi di 22 negara dan menulis beberapa buku. Sampai sekarang semuanya masih bermanfaat sebagai panduan para trader yang bermimpi bisa menjadi seperti Raschke di masanya, dengan menghasilkan setengah juta dolar hanya dalam beberapa minggu saja!

Setelah bekerja keras, dia memutuskan untuk beristirahat! Dia mengakhiri perjalanan kariernya yang cemerlang ini pada tahun 2015. Tapi, dia masih trading di akun pribadinya setiap hari. Saat itu usianya 61 tahun?! Ya, bisa dibayangkan! Tidak ada yang lain: ini adalah DNA Raschke.

pic3.jpg

Abby Joseph Cohen

Pernahkah Anda mendengar tentang Wall Street? Kami yakin, ya. Lalu, pernahkan Anda mendengar tentang Abby Joseph Cohen — salah satu trader terhebat di zaman kita, mantan ekonom di Federal Reserve Board di Washington, sebelum kemudian menjabat sebagai Direktur Penasihat dan Ahli Strategi Investasi Senior dari Goldman Sachs yang terkenal di dunia.

Dengan memadukan kecintaannya terhadap matematika dan gelar Sarjana dan Magister Ekonomi yang dimiliki, dia berhasil membangun model matematika yang kompleks mirip rumah Lego dengan konstruksi langkah demi langkah. Model ini mungkin terlihat tidak ringkas, tetapi Anda bisa memahami dengan jelas apa yang harus dilakukan selanjutnya dan memperoleh kepuasan dari proses dan hasilnya, serta profit dan inspirasi untuk melangkah lebih jauh terlepas dari stereotip tentang wanita di Pasar Keuangan.

Pencapaian paling luar biasa yang mungkin pernah dibuat oleh Cohen adalah memprediksi pasar bullish tahun 1990-an, yang memberinya kepercayaan trader di seluruh dunia. Hal yang berada di luar batas adakalanya terjadi — pengaruhnya begitu kuat sehingga orang biasa dapat menganggap kata-katanya tidak penting. Dan sayangnya, itu merugikan Cohen sendiri. Terlepas dari semua tantangan yang dihadapi perempuan di ahli profesi ini, dia menerima berbagai tudingan mengenai prediksinya. Khususnya saat tidak memprediksi peristiwa global lainnya seperti Bear Market of 2008. Meskipun Cohen selalu menyebut prediksi analitisnya bersifat jangka pendek, posisinya akhirnya digantikan oleh David Kostin sebagai Chief Forecaster "The Firm" (sebutan lain Goldman Sachs).

Kita semua pasti pernah membuat kesalahan, dan "pembenci akan tetap membenci". Terlepas dari suka maupun duka, Cohen layak mendapatkan penghormatan dan pengakuan abadi karena telah banyak membantu orang meraih jutaan dolar, termasuk untuk dirinya sendiri. Seorang Wall Street Shark dan salah satu wanita paling sukses di dunia — tidak semua orang bisa mendapatkan gelar seperti ini, bukan begitu?

pic4.jpg

Sukses itu karena kerja keras, kesabaran, keterampilan... Bukan gender!

Baca lebih lanjut

  • 5480

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera