1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. New Normal: Realitas Trader
Diperbarui • 2023-04-03

New Normal: Realitas Trader

new normal-01.jpg

Saat Aldous Huxley menulis karya distopianya yang terkenal itu, tidak banyak yang menyangka bahwa 90 tahun setelah penerbitan novelnya akan ada begitu banyak kesamaan dalam masyarakat di dunia nyata dengan di dunia yang dia gambarkan. Virus telah membawakan banyak perubahan pada cara berperilaku: ekonomi, industri, prosedural, dll. Ketika perubahan ini semakin intens diperbincangkan, beberapa istilah baru pun bermunculan, seperti "New World 2.0" atau Dunia Baru 2.0. Dengan mengesampingkan aspek sosial dan lainnya yang lebih luas, mari kita perhatikan hal-hal apa saja yang dapat dibawa "realitas baru" ini kepada trader.

new normal-02.jpg

Dunia Baru

Seperti yang diamati oleh banyak pengamat, salah satu konsekuensi utama dari virus ini adalah kesenjangan sosial yang semakin lebar antara perekonomian yang kuat dan perekonomian yang lemah. Hal ini logis: perekonomian yang sehat dan kuat akan mampu bertahan dengan lebih baik, pulih lebih cepat, mudah mengambil alih dan mengontrol, sementara bagi mereka yang berada di luar jangkauan ini akan menerima pukulan lebih keras, pulih lebih lambat, dan tidak dapat mengikuti laju perekonomian dari negara-negara maju. Untuk mata uang, ini berarti bahwa mata uang utama akan semakin perkasa di hadapan mata uang yang lebih lemah. Jadi, dengan ketimpangan ekonomi ini, ke depannya pasangan paling eksotis seperti USD/BRL, USD/TRY, EUR/TRY, USD/ZAR akan semakin tertekan oleh tren bullish jangka panjang yang diperkuat oleh peningkatan volatilitas.

new normal-03.jpg

Dunia Lama

Hari tidak akan berlalu tanpa ekspresi kesedihan yang dalam di wajah Uni Eropa. Polaritas kian menguat di seluruh wilayah benua lama ini, dan tak seorang pun bisa menyalahkan negara-negara Eropa yang kaya bahwa mereka menolak untuk membayar mitra mereka yang terpuruk melintasi perbatasan, sedangkan yang terakhir menolak untuk bekerja sama di bawah pengawasan Persatuan ini. Ketika semua negara ini memilih arahnya masing-masing, euro akan terkoyak. Setidaknya, ia tidak akan begitu kuat. Anggap ini sebagai pedoman strategis saat memperdagangkan mata uang Eropa.

new normalл-04.jpg

Ujung Piramida

Ekonomi Amerika juga terkena pukulan keras. 10% penduduknya menganggur, produksi menjadi lebih rendah, pemulihan lebih lambat, sentimen yang waswas, aktivitas ekonomi lebih sepi, inflasi lebih rendah, investasi lebih lemah — semua ini pasti akan menjadi pekerjaan berat yang harus dilalui oleh ekonomi AS dalam perjalanannya selama 12-24 bulan ke depan sebelum mencapai kapasitas penuh. Meskipun demikian, dolar AS akan tetap menjadi mata uang dunia yang terkuat, yang tidak ada tandingannya. Bahkan, secara sepihak akan tumbuh lebih kuat ketika Uni Eropa–yang secara kolektif adalah satu-satunya pesaing ekonomi abadi ekonomi AS–kian terpuruk akibat proses perpecahan internal yang mengguncang stabilitas Persatuan, termasuk persoalannya. Oleh karena itu, secara strategis, USD akan dipandang sebagai satu-satunya pilar stabilitas di pasar Forex.

new normal-05.jpg

Negara Pulau

Sejak pembubaran Kerajaan Britania 100 tahun yang lalu, Inggris telah menikmati status ekonomi yang tersendiri, kuat, dan spesial, dengan GBP berada di samping USD dan EUR. Beberapa persoalan mungkin juga akan banyak muncul sepanjang 2020 mengingat Brexit masih jauh dari kata "terselesaikan" sedangkan tenggat waktunya semakin dekat. Pada saat yang sama, fundamental ekonomi Inggris masih jauh dari kondisi yang menguntungkan. Ini mengindikasikan akan adanya peningkatan volatilitas pada GBP setidaknya sampai akhir 2020.

new normal-06.jpg

Emas hitam

Kemerosotan harga minyak baru-baru ini tidak dapat diprediksi karena perlambatan global akibat hantaman virus telah menekan permintaan secara tak terduga. Secara bersamaan, sebagian di antaranya merupakan dampak langsung dari langkah yang diambil oleh Arab Saudi dan Rusia, serta ketiadaan tindakan AS terhadap hal ini. Tapi sekarang, ketika semua negara mengharapkan untuk bisa melihat harga minyak yang lebih tinggi, kelimpahan pasokan itu hilang, dan harga kembali naik. Sehingga, seandainya hambatan geostrategis seperti ketegangan AS-Tiongkok itu tidak ada, maka ini akan menjadi persoalan yang terus ada sepanjang tahun ini. Menimbang minyak diprediksi bakal mencapai kisaran harga $50-60, maka dapat dijadikan sebagai target "jaminan" untuk memburu emas hitam ini selama beberapa bulan ke depan. Sehingga, bulls minyak dapat menganggapnya sebagai peluang unik.

Emas putih

Selama krisis ini, logam idaman sejuta umat ini telah memperlihatkan dua hal. Pertama, adakalanya logam ini berperilaku dengan cara yang sama sekali tidak biasa terhadap berita yang dirilis. Sehingga dalam jangka pendek, logam ini tidak dapat diandalkan. Kedua, ia masih mengikuti impuls strategis seperti ketidakpastian investor — dan sejak Februari 2020 dijuluki sebagai "Tahun Ketidakpastian". Oleh karena itu, para pemain jangka panjang dapat memberikan spekulasi pada kenaikan emas hingga $1.800 atau lebih tinggi.

Baca lebih lanjut

  • 4371

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera