1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Seluk Beluk Jurnal Trading
Diperbarui • 2023-12-21

Seluk Beluk Jurnal Trading

1.jpg

Baiklah, mari kita lihat dahulu definisi penjurnalan. Jangan di-google, cukup bayangkan saja! Saya yakin Anda membayangkan seorang gadis manis berusia dua belas tahun menggigit ujung penanya sambil berkhayal tentang cinta pertamanya. Atau Anda melihat seorang anak muda yang sensitif memendam perasaan, mencurahkan isi pikirannya di atas secarik kertas, dan kemudian meremasnya. Ya, konotasinya masih jauh dari kata dewasa. Tapi, apakah itu?

Jurnal Trading adalah sesuatu yang nyata dan tidak ada kaitannya dengan drama emosional dan krisis "kepercayaan diri". Ini adalah ruang Anda untuk mencatat log aktivitas trading serta gagasan Anda sebelum dan sesudah transaksi. Ini adalah sistem penilaian diri, disiplin, dan perencanaan yang terjamin. Tidak ada trader sukses merasa malu saat membahas jurnal trading mereka. Mereka justru merasa bangga dengan keberhasilan mereka dalam meningkatkan performanya dengan mudah, melalui penguasaan emosi diri, penerapan metrik sederhana, dan pelaksanaan rencana trading secara tepat.

Mengapa Jurnal?

Sesungguhnya, menulis jurnal membutuhkan banyak waktu dan upaya. Terutama ketika Anda baru memulai dan tidak melihat pengaruh positif darinya, halaman kosong dapat membuat kondisi lumpuh. Kendatipun begitu, dalam dua-tiga minggu kemudian, Anda akan menikmati hasil perdana Anda dan merasa bersyukur karena tidak menyerah sedari awal.

Mengapa saya harus menulis jurnal? Saya baik-baik saja sebelumnya, kehilangan uang di sana-sini, atau mungkin seseorang tidak begitu! — Anda bisa menghabiskan banyak energi.

Ini adalah sebuah pertanyaan umum dari saya beserta jawabannya yang cepat dan mudah. Jurnal trading akan mengasah kedisiplinan dan mendidik Anda untuk tidak mudah tunduk pada emosi, berpegang teguh pada rencana, dan menjalankan strategi Anda dengan baik. Seiring berjalannya waktu, kerugian Anda akan berkurang secara lebih teratur dan terprediksi, dan tren pasar menjadi lebih mudah dipahami dan diprediksi.

Jadi, lakukanlah — TULIS!

3.jpg

T — Tulis saja semua keinginan Anda. Anda dapat menuliskan informasi, gagasan, ataupun emosi yang mungkin bermanfaat bagi Anda nantinya. Tidak ada ketentuan khusus di sini. Namun, dalam artikel nantinya, saya akan memberikan beberapa tips tentang poin-poin yang direkomendasikan oleh para pakar untuk didokumentasikan dalam jurnal Anda.

U — Ulas kembali keputusan positif dan negatif. Anda harus bisa fokus tidak hanya pada kegagalan Anda. Transaksi yang profitabel tidak kalah penting, karena alhasil ini adalah tujuan Anda.

L — Lihat trader sukses. Anda harus bisa memahami pola-pola khusus yang berpotensi memberikan hasil trading yang profitabel. Cara yang paling mudah untuk menelusurinya ialah dengan mengikuti dan mencontoh pelaku pasar terbaik. FBS memungkinkan Anda untuk melakukannya melalui aplikasi CopyTrade kami. Di samping itu, aplikasi ini bisa menjadi komunitas yang sangat cocok bagi para trader yang berpola pikir sama!

I — Identifikasi tangkapan layar grafik. Tidak ada yang lebih deskriptif daripada gambaran nyata dari pergerakan harga. Jadi, jangan ragu untuk menyimpan grafik dan mengomentari segala hal yang Anda lihat dan pelajari bagaimana pasar akan berubah dalam waktu dekat.

S — Selami emosi Anda. Emosi adalah musuh terbesar sekaligus satu-satunya senjata Anda. Percayai dan kendalikan emosi Anda! Saat Anda menuangkannya pada secarik kertas, emosi tidak akan terasa begitu kuat dan dramatis seperti yang terlihat selama trading. Jadi, perlahan-lahan, Anda akan belajar mengalirkan sentimen Anda menuju hilir kemenangan.

Apa itu Jurnal?

Apakah Anda benar-benar termotivasi? Ini adalah momen di saat Anda dihadapkan dengan papan tulis kosong. Saya menyiapkan daftar yang mungkin ingin Anda catat di jurnal trading sebagai pegangan Anda.

1. Kondisi pasar

Pertama, putuskan bagaimana Anda akan membingkai pasar secara keseluruhan dan tentukan, ingin menjadi trader seperti apa Anda. Anda dapat mengikuti tes kami dan mengetahui jenis trading Anda, atau pilih gaya trading yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan Anda.

Dengan alter ego yang Anda miliki untuk dunia trading, Anda kini harus bisa membiasakan diri dengan lingkungan tersebut. Pasar keuangan sama sekali bukan tempat untuk mendapatkan ketenangan, melainkan tempat yang ada 'ketenangan sebelum badai'. Kendatipun begitu, pasar ini memiliki aturan dan pola perilaku yang berulang, yang dapat Anda jelajahi, kelola, dan terapkan ke dalam strategi Anda.

Pelajari faktor-faktor yang dapat memengaruhi tren pasar yang sedang berkembang dan catat mana yang paling signifikan. Untuk memperoleh info yang relevan, gunakan sinyal trading, pelajari tips untuk trader, dan berita Forex.

Berbekal pengalaman dan sentimen yang tinggi terhadap pasar, maka akan timbul kepercayaan yang dapat membuat Anda tidak hanya merasa seperti raja dunia saat sukses, tetapi juga merasa mampu bertahan dari kegagalan secara terhormat.

2. Kondisi mental Anda

Kenali perasaan Anda saat hendak melakukan trading. Perasaan positif ataupun negatif dapat berperan penting dalam membangun perilaku, konsentrasi, dan kemampuan bereaksi secara cepat. Beberapa trader sedikit bisa menjaga emosinya, yang lain memberikan kekhawatiran dan memaksa Anda untuk yakin bahwa keberuntungan akan datang. Jadi, perasaan Anda selama trading juga sangat penting.

Latihan ini memungkinkan Anda untuk membenarkan gagasan dan pemicu emosi Anda pada setiap trading, menuntun Anda pada keadaan yang harus Anda hindari, melatih Anda dalam menghadapi tekanan, dan memperdayakan kekuatan Anda.

Setelah belajar memahami perilaku Anda, setiap transaksi yang Anda tutup dapat memberikan semacam dorongan yang dibutuhkan!

2.jpg

3. Skenario trading

Saya tidak bermaksud untuk menjadi perusak kenikmatan atau terlihat seperti guru pertama Anda yang galak, tetapi saya akan melakukannya. Trading bukanlah sebuah perjudian yang konyol. Jika Anda masih memandangnya demikian, maka berhentilah sebelum terlambat, karena akun Anda hanya akan disinari bilangan NOL yang terang benderang.

Banyak jalan yang dapat menuntun pada kesuksesan dalam trading, tetapi beberapa metrik tertentu dapat membuat pasar dan perilaku Anda menjadi lebih terorganisir dan terstruktur.

Agar dapat meringkas besarnya info yang ada, berikut adalah beberapa poin yang bisa Anda gunakan dalam jurnal Anda. Dalam contoh berikut, kami tidak menggunakan harga dan kalkulasi pasar yang sebenarnya.

Tanggal: 26 September

Instrumen trading: EUR/USD

Timeframe: 15 menit

Entry: 1.09445 10:48

Exit: 1.09017 12:48

Ukuran posisi: 3

Saldo saat entry: £20.000

Saldo saat exit: £21.035

Profit/Kerugian: +£1.035

Tangkapan layar:

Tangkapan layar untuk entry dengan penjelasan akurat mengenai pertimbangan Anda memulai trading pada level tersebut dan lokasi Anda menempatkan garis stop loss. Grafik Anda pada saat itu juga penting karena Anda akan mengetahui apa yang terjadi setelah Anda menyelesaikan transaksi. Anda nantinya bisa menganalisis apakah itu adalah opsi exit terbaik atau tidak.

Analisis fundamental

Tulis beberapa kalimat tentang peristiwa apa saja yang membuat Anda harus mengambil keputusan trading.

Analisis teknikal

Uraikan alasan Anda membuka transaksi dengan mengacu pada analisis grafik Anda.

Pola pikir

Perhatikan sentimen Anda. Analisis apakah emosi Anda relatif stabil atau tertekan, cemas, dan gusar.

Rencana trading

Pada poin ini, Anda harus memastikan apakah Anda akan menjalankannya sesuai rencana dan melakukan tindakan yang sesuai dengan sistem trading Anda atau menyesuaikannya dengan beberapa faktor dan kondisi emosional yang berkembang dan bergerak ke arah yang berbeda. Ikuti kata hati Anda!

Kesimpulan dan analisis

Jangan lewatkan bagian ini! Anda telah menyelesaikan semua langkah pendahuluan hanya demi hal ini. Renungkan semua keputusan yang pernah diambil, baik itu yang tepat, gagal, maupun keputusan saat situasi pasar sedang tidak pasti. Segera, Anda akan menciptakan sebuah pola kondisi yang paling menguntungkan, yang mana dapat mengarahkan ke hasil yang terbaik. Selain itu, Anda juga akan menjadi lebih peduli pada trading, konsistensi, dan kepatuhan jurnal.

Mulai Buat Jurnal Hari Ini!

4.jpg

Gunakan kesempatan Anda untuk berinvestasi dalam pengembangan diri dan peningkatan kinerja. Mungkin, terdengar sangat rumit! Tapi, hasilnya 100% setimpal!

Di jurnal, Anda bisa jujur pada diri sendiri. Tidak ada yang akan memberi tahu Anda tentang apa, bagaimana, dan kapan harus menulis. Anda bisa menjadi diri sendiri — seorang pemula yang mandiri dengan motivasi yang tinggi dan keinginan yang kuat akan pengetahuan.

Tentu saja, dengan jurnal, suatu hari Anda akan belajar menjadi trader yang memiliki sistem, mengikuti rencana seperti robot tanpa pikir, memprediksi hasil volatilitas pasar, dan memiliki jalan panjang menuju kesuksesan yang didokumentasikan dalam 'buku pribadi' Anda.

Ini bukan sekedar kata-kata manis, tetapi upaya tulus saya untuk membuat Anda merasa lebih baik terhadap diri sendiri sebagai seorang trader! Anda cermat dan teliti — trader yang senantiasa bisa dan akan lebih baik bersama FBS.

Saya kirimkan salam hangat untuk buku trading Anda! Semoga kurva belajar Anda produktif, bapak dan ibu sekalian!

Baca lebih lanjut

  • 7208

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera